Perlengkapan Ibu Menyusui

Jangan Bingung, Ini 5 Hadiah yang Lebih Dibutuhkan Ibu Melahirkan

9 bulan ibu mengandung dengan susah payah, demi menantikan sang buah hati tercinta. Di awal kelahiran sang bayi pasti sangat senang rasanya, yang sudah lama dinanti akhirnya muncul di dunia. Di masa-masa ini bayi sangat intens untuk berinteraksi dengan sang Ibu. Mulai dari membuka mata sampai dengan tidur kembali bayi tidak lepas dari dekapan sang ibu. Ada sebagian ibu yang mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk bayinya. Bisa jadi dikarenakan mereka adalah tipe wanita karir yang padat jadwal sehingga harus menyusun waktu khusus agar bisa berinteraksi lebih lama dengan sang bayi.

Disaat menyusui ada banyak perlengkapan yang harus dipersiapkan ibu. Perlengkapan ini membantu proses ibu dalam menyusui, sehingga bayi pun merasa nyaman saat mereka minum susu. Perlengkapan ibu menyusui bisa kita kategorikan kedalam 2 hal, pertama adalah perlengkapan ibu menyusui secara normal, yaitu menyusui langsung dari payudara sang ibu. Juga perlengkapan menyusui sekunder, atau tidak langsung berinteraksi dengan sang ibu.

Perlengkapan Menyusui Normal

Untuk proses menyusui secara normal, ada beberapa perlengkapan yang wajib ibu punyai sehingga proses menyusui menjadi lebih fun dan rileks. Perlengkapan tersebut antara lain :

  1. Selendang untuk menggendong
  2. Mainan anak

Kenapa mainan anak menjadi perlengkapan menyusui, karena menurut penelitian, anak lebih bisa focus menyusui dan tidak terlalu banyak gerakan saat ada mainan yang dimainkannya saat proses menyusui itu.

Perlengkapan Menyusui Sekunder

Untuk proses menyusui secara sekunder, sang bayi tidak langsung menyusi dari payudara sang ibu, tetapi menggunakan media lain yaitu :

  1. Botol susu dengan bahan bebas BPA (menggunakan plastik food grade)
  2. Selendang menggendong

Di perlengkapan menyusui sekunder ini bayi tidak disarankan diberikan mainan, kenapa, karena pada proses ini bayi akan menggunakan botol minum sebagai mainannya. Dalam proses ini bayi diajarkan untuk lebih bisa berinteraksi dengan botol minumnya, sehingga lama kelamaan dia bisa lebih aktif dalam menyusui dengan media.

Dengan memperhatikan perlengkapan ibu menyusui, maka sang ibu juga bisa menentukan posisi yang pas bagi ibu untuk menyusui sang buah hati. Posisi yang disarankan memang posisi menggendong, dikarenakan posisi ini bisa lebih mendekatkan ibu dengan anak secara batiniah. Sedangkan bila bayi mulai bosan, maka bisa jadi dia lebih suka posisi duduk sendiri. Bila seperti itu ibu bisa memberikan bayi tempat duduk bayi yang aman seperti jenis stroller. Jenis stroller bulat adalah yang paling direkomendasikan, karena posisinya lebih pas di anatomi anak. Yang lebih penting lagi posisi bayi bisa duduk santai sambil menggantungkan kakiknya dan juga dengan banyak mainan di bagian depan stroller tersebut. Dengan tetap diberikan botol susu oleh sang ibu dan diarahkan bagaimana cara menghisap botol susu tersebut dengan baik

Untuk perlengkapan ibu menyusui yang lain bisa jadi beda daerah beda perlengkapan yang digunakan. Misalnya untuk secara umum perlengkapan ibu menyusui sebenarnya sangat simpel yaitu berupa selendang gendong saja. Perlengkapan lain hanya sebagai perlengkapan tambahan yang bisa memungkinkan sang bayi lebih fokus dalam proses menyusui.

Demikian perlengkapan ibu menyusui yang bisa ibu aplikasikan di rumah maupun saat berinteraksi dengan sang buah hati. Dengan penerapan cara menyusui dan juga pemilihan perlengkapan yang pas akan menjadikan proses menyusui lebih fun dan juga rileks bagi sang ibu.

There are no comments yet

Why not be the first

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *