Tiket Kereta Online, Solusi Jitu Untuk Kamu yang Diburu Waktu

Pada tahun 2009, Ignasius Jonan dilantik menjadi Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia. Meski ia memiliki latar belakang pendidikan di bidang keuangan, tetapi ia menunjukkan kinerja terbaiknya. Perubahan demi perubahan terus ia lakukan, agar sistem perkeretaapian Indonesia dapat membantu menyelesaikan permasalahan di bidang transportasi.

Jonan terkenal sebagai orang yang bicara keras dan apa adanya, ia tidak pernah goyah dengan cemoohan yang datang dari berbagai pihak. Ia juga orang yang teguh dan tidak bisa disogok dengan cara apa pun. Sehingga ia berhasil membalikkan keadaan keuangan PT KAI, yang tadinya merugi menjadi laba. Dan keberhasilan ini berlanjut sampai ia resmi ditunjuk sebagai Menteri Perhubungan oleh Presiden Joko Widodo.

Kita tengok yuk, perubahan apa saja yang sudah dilakukan oleh “pahlawan” kereta api ini :

  1. Pegawai

Jonan merupakan seorang direktur yang pro-pegawai. Ia melakukan banyak perombakan di bagian dalam perusahaan, terutama dalam hal gaji. Ia menyesuaikannya dengan resiko dan tanggung jawab yang dibebankan. Namun jangan senang dulu, karena Jonan juga tidak segan-segan untuk memberhentikan atau memensiunkan dini pegawai yang lalai dan malas.

  1. Pembersihan Stasiun dan Fasilitas Umum

Bagi penggemar kereta api, tentu sangat merasakan hal ini. Stasiun kini rapi dan bersih, fasilitas umum pun terawat dan wangi. Ruang tunggu teratur, musala terjaga, bahkan sekarang sudah ada ruang-ruang khusus untuk menyusui.

  1. Ketertiban

Ini salah satu yang sangat saya sukai dari kereta api sekarang, tertib. Tidak ada lagi penyerobotan dan desak-desakan yang tak beraturan. Tahu sendiri, masyarakat itu paling susah untuk antri. Namun hebat, Jonan berhasil mengembalikan budaya tersebut ke rakyat Indonesia. Jumlah penumpang pun dibatasi, tidak ada lagi asap rokok, tukang pengamen, dan pedagang asongan.

  1. Kenyamanan

Saat ini, kereta api menjadi moda transportasi yang paling diminati di Indonesia. Meskipun harga tiketnya sedikit lebih mahal, tetapi sebandinglah ya dengan kenyamanan yang kita dapatkan. Semua gerbong sudah ber-AC, kursi yang nyaman, serta dilengkapi dengan colokan listrik untuk mengecas. Kita tidak perlu lagi cemas kehabisan baterai untuk berkabar dengan keluarga.

  1. Penjualan Tiket Online

Ingatkah, dulu kita harus mengantri penuh perjuangan untuk membeli tiket? Sekarang kita bisa memesannya di mana saja melalui sistem online. Berikut ini akan saya bagikan beberapa tips untuk membeli tiket kereta online :

  • Tentukan tanggal keberangkatan jauh-jauh hari, karena tiket kereta sekarang bisa dipesan hingga H-90. Ada baiknya kamu mempersiapkan tanggal cadangan, jika saja kehabisan tiket yang diinginkan.
  • Pesan di waktu yang tepat, yaitu setelah jam 00.00 WIB. Hal ini berlaku untuk berburu tiket arus mudik atau balik lebaran, karena tentu saja kamu akan berebut dengan pencari tiket lainnya. Jika di awal waktu kamu tidak berhasil mendapatkan, coba lagi 1-3 jam kemudian.
  • Pastikan koneksi internetmu stabil, agar proses bisa berjalan dengan lancar. Saat memesan tiket akan ada pengisian beberapa data, jika koneksimu lambat maka bisa dipastikan tiketmu akan melayang.
  • Pilih metode pembayaran yang paling mudah, karena kamu hanya diberikan waktu 3 jam untuk melunasi dari pemesanan. Kamu bisa melakukan pembayaran melalui transfer, kartu kredit, mobile banking, e-banking, atau ke gerai merchant
  • Cari solusi selain situs KAI atau aplikasi KAI Access. Karena sudah dipastikan lalu lintas pemesanan di situs ini sangat ramai, jadi kemungikan untuk mendapatkan tiket pun semakin kecil. Beberapa situs yang bisa kamu jadikan solusi adalah Tiket.com, Traveloka, Pegi-pegi, dan lain sebagainya.

Demikian sedikit informasi mengenai perubahan sistem perkeretaapian dan beberapa tips membeli tiket kereta online. Semoga kereta api Indonesia semakin maju dan berjaya.

There are no comments yet

Why not be the first

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *